Hp/wa: 08883916990 | Telp: 024-8457170 --- Rek Samba BCA 1827269999 An. Jeffri H OR Tri SA |

Gubernur sepeda Tour Borobudur

gub sepeda tour borobudur 02
Meskipun matahari mulai meninggi dan bersinar terik, namun tidak menyurutkan semangat Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP mengayuh sepeda puluhan kilometer menuju Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (14/11).
Didampingi istri, Siti Atikoh Ganjar Pranowo dan sejumlah SKPD di lingkungan Pemprov Jateng, gubernur bersepeda melintasi rute Tour de Borobudur XV dari Banaran Kabupaten Semarang hingga finish di pelataran Candi Borobudur dengan jarak tempuh sejauh sekitar 40 kilometer.
Cuaca panas, jalan berkelok, medan menanjak dan turun, serta riuh kendaraan bermotor justru menjadi tantangan para peserta untuk menaklukan rute. Bahkan gubernur dan istri mengaku ketagihan mengikuti even yang diikuti sekitar 1.000 pesepeda dari penjuru tanah air dan luar negeri itu.
“Saya baru pertama ikut, tapi ternyata bikin tuman (ketagihan). Untuk tahun selanjutnya saya ingin ikut lagi dan berharap ini menjadi agenda tahunan,” ujar gubernur saat memberi sambutan di kawasan Candi Borobudur.
Gubernur berharap, ke depan ada partisipasi dari goweser profesional, setengah maupun bukan profesional. Sebab, Tour de Borobudur dapat menarik dan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi batu lompatan penyelenggaraan Borobudur Marathon 2016.
Senada diungkapkan oleh Siti Atikoh. Menurutnya, perjalanan bersepeda selama kurang lebih dua jam dari Kabupaten Semarang sampai Borobudur Kabupaten Magelang sangat menyenangkan. Rute yang naik dan turun, memberi pengalaman yang luar biasa.
“Saya biasanya cuma 25 kilometer dan rutenya tidak terlalu sulit. Ini sangat menyenangkan karena rutenya menanjak dan turun naik. Saya berharap tahun berikutnya dapat kesempatan ikut lagi,” katanya.
Pada kesempatan tersebut, di sela-sela pembagian doorprize untuk para peserta Tour de Borobudur XV, gubernur beserta istri didaulat panitia naik ke panggung untuk menerima medali finish.
Sebelumnya, sekitar pukul 07.00 WIB, gubernur melepas para peserta Tour De Borobudur XV di halamam Mako Brimob Srondol Semarang. Pesepeda dari dalam dan luar negeri turut serta dalam rangkaian kegiatan Borobudur Internasional 10K dan Half Marathon.
Sementara itu, saat tiba di Alun-alun Kota Magelang, gubernur beserta rombongan menghentikan laju sepeda untuk beristirahat sejenak. Seusai melepas lelah sembari menyapa warga yang berkerumun di sekitar alun-alun, gubernur mengingatkan sekaligus mengajak rekan-rekan rombongan peduli terhadap kebersihan lingkungan. Yakni dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memunguti sampah yang berserakan di jalan.